Friday, January 1, 2010

pelajaran dari sebuah komik.

tadinya gue berencana berfoto dengan tiga buah kertas HVS bertuliskan "HAPPY", "NEW YEAR", dan "2010" lalu dipost di sini tapi akhirnya gue urungkan niat itu karena gue toh baru bangun jam 10 lewat, blom mandi atau gosok gigi atau cuci muka ampe sekarang dan karenanya gue sama sekali ga ada mood buat berhadapan ama kamera.
dan alasan yang kedua adalah ... well i don't really enjoy my new year moment, to be honest.

karena itulah gue malas meramaikan blog dengan postingan labil tentang bagaimana gue melalui malam tahun baru, atau resolusi gue buat tahun 2010.
no hurt feelings anyway :)

sebagai gantinya, gue ingin share beberapa inspiring quotes yang gue dapat dari sebuah manga (komik jepang) berjudul aria : the voyage from neo-venezia.

gue udah ngikutin serial ini sejak SMA dan baru tamat sekitar dua bulan lalu.
alur ceritanya datar dan damai, tanpa konflik. cocok banget buat dibaca sebelum tidur atau klo lagi pengen bersantai.
dan ternyata banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari sana.

pertama.
akari : "gara-gara aku salah pilih jalan, kita jadi tidak bisa pergi ke tempat istimewa kak alicia. maaf ya kak."
alicia : "akari pernah dengar kisah ini? suatu hari seorang pengelana mencari benda berharga. gurunya berpesan agar ia tidak tersesat, karena sekali salah jalan maka ia tidak akan bisa menemukan benda berharga itu.
sayangnya si pengelana tersesat. dia pun tertunduk lesu dan putus asa. namun saat dia mengangkat wajahnya, di hadapannya terbentang dunia yang keindahannya jauh melebihi apa yang dulu dicarinya.
kadang kita harus singgah dan gagal dahulu sebelum menemukan apa yang kita cari."

kedua.
alicia : "ada orang yang tidak bahagia walaupun berkelimpahan. ada juga yang bahagia walau sangat miskin. pada akhirnya, kebahagiaan seseorang ditentukan orang itu sendiri."

ketiga.
aika : "grandma, tolong ajari kami sehingga kami bisa sehebat kak alicia!"
grandma : "aku memang melatih alicia, tetapi ada hal lain yang membuatnya menjadi sehebat sekarang. alicia menikmati segala hal."
aika : "tapi bagaimana bila menghadapi saat-saat sulit?"
grandma : "anggap saja itu cita rasa tersembunyi untuk lebih menikmati hidup. berpikirlah seperti itu di dalam hati. nikmati saja semuanya. menjalani hari demi hari adalah hal yang sangat indah lho. berilah pujian pada diri sendiri yang sedang berusaha. nikmatilah semua hal yang diberikan dunia ini. apa yang kita lihat, dengar, dan sentuh.
itulah hal yang sangat mudah dilakukan tapi cenderung terlupakan oleh semua orang."

keempat.
alice : "akan ada saatnya kami tidak bisa berkumpul bertiga lagi ya."
athena : "memang, tidak bisa selamanya begini. karena waktu pun terus berjalan dan berubah. kadang senang, kadang sedih. tapi bagiku, masa sekarang bukannya sama sekali tidak menyenangkan."
alicia : "ya. sayang bila kesenangan saat ini jadi tidak terlihat karena kita terpaku pada kesenangan masa lalu. bukan hanya saat itu yang menyenangkan, tetapi juga saat ini. ya kan?"
athena : "ya. yang jelas, hal yang benar-benar menyenangkan itu bukanlah sesuatu yang kita peroleh untuk diperbandingkan dengan hal yang menyenangkan lainnya."
alicia : "ah satu nasihat. hal yang kita anggap menyenangkan saat ini, hanya dapat dinikmati dengan sepenuhnya saat ini. karena itu hargailah setiap waktu yang indah ini. oke?"

kelima.
akari : "hari ini aku menemukan banyak hal yang menyenangkan. mungkin masih banyak hal yang tidak kusadari keindahannya karena terbiasa melihatnya."
alicia : "ya, tempat yang sama akan tampak berbeda pada waktu yang berbeda pula. pergantian musim membawa suasana dan warna yang berbeda. dan yang terutama perasaan yang kita rasakan saat itu akan mengubah pandangan kita sebelumnya pada dunia.
wah gawat nih, karena hal yang indah itu sangat banyak dan tidak terbatas."

keenam.
athena : "cerminnya memantulkan alice."
alice : "tentu saja. cermin kan memang memantulkan sosok kita."
athena : "alice merasa mereka membenci alice. itu karena alice sendiri membenci mereka. ah bukan, tepatnya alice takut. iya kan?
tersenyum di depan orang akan membuat diri kita senang. merasa ciut di depan orang akan membuat diri kita spontan gugup. seperti cermin yang merefleksikan sosok kita, orang juga merefleksikan perasaannya.
tersenyumlah. dengan begitu orang berada di depan alice juga pasti akan tersenyum."

ketujuh.
akira : "dunia yang sekilas terlihat indah ini pun memiliki persaingan yang keras.
dulu pernah ada acara pernikahan yang digelar begitu mengesankan. kedua mempelainya dinilai sebagai pasangan paling serasi di desa. tempatnya mewah dan tamunya banyak. semuanya mengesankan. kecuali di saat terakhir kala mempelai wanita terpeleset dan kepalanya menubruk kue pengantin.
setelah itu setiap kali berbicara soal pernikahan itu, yang diingat oleh mereka yang hadir hanya kecelakaan kecil itu. semua melupakan kenangan bahagia dan 99% acara pernikahan yang berlangsung mulus.
aneh ya? hal yang baik dengan cepat terkubur dan menjadi sesuatu yang lumrah. sementara hal yang buruk, sekalipun hanya satu, sangat menjadi perhatian. mungkin itu karena orang selalu menitikberatkan pada hal yang tidak menyenangkan.
jangan anggap lumrah hal yang baik dan buruk. terima keduanya dengan tegar."

semoga bermanfaat.
dan selamat menempuh tahun 2010 :)

3 comments:

Azam Raharjo said...

aku suka pelajaran2 tersebut.

tapi yang pelajaran terakhir itu agak lucu :
bener sekali seringkali hal buruk itu yang lebih diingat dan dilihat

tapi ya kalo kejadiannya kepleset dan kepalanya nabrak kue, menurutku itu heboh. makanya jadi memorable. dan menurutku mungkin kamu juga akan berpikiran sama jika melihatnya

kalo cuma kepleset doank--mungkin aku bakal nggak peduli.

sesuatu itu akan tampak menonjol kalau perbedaannya drastis dan signifikan, kan?


just my two yens

rumii said...

hahaha iya sih, aku juga berpikir begitu.
dan poin terakhir mengingatkanku akan peribahasa "karena nila setitik rusak susu sebelanga" :)
dan cukup manusiawi sih, kita seringkali lebih mudah mengingat hal-hal yang 'menonjol' dan sayangnya seringkali hal yang 'menonjol' itu bersifat negatif.
walaupun itu kembali lagi ke orangnya masing-masing.

Ferzya Farhan said...

wah, dapet pelajaran baru :D
haaahh..jadi terinspirasi dan bersemangat tuk 2010, hhe.. ini gara - gara ak yang sedikit bergejolak mau berumur 20 di juni nanti..hha

wah, ka arum udah spesialis ya? bagus banged tuh..ak juga mauuu!