Wednesday, January 27, 2010

mencicipi kenangan.

sekitar seminggu lalu, tau-tau gue dapet sms dari wicak yang bunyinya "teman-teman, gue dikasitau bagian student affair FEB klo tanggal 270110 minggu depan anak-anak labsky mau study tour ke kampus kita. kita diminta dateng untuk meramaikan."
yang pertama terpikir oleh gue adalah ... malas.
mana ada anak kelas dua yang gue kenal? pengen sih ketemu guru-guru, tapi entah kenapa rasanya agak malas. gue bukan tipikal orang yang terlalu bersemangat dateng ke reuni, kecuali klo reuni itu isinya temen-temen deket gue doang.

tapi setelah dibujuk sedemikian rupa (baca: setengah diancem) ama wicak, akhirnya gue memutuskan buat dateng.
tadi pagi gue baru bangun jam setengah 8 dan rasanya maleeees banget buat bangun dari tempat tidur. gue nyaris MT dan meninggalkan wicak sendirian buat dateng ke kampus tapi kok nggak tega. akhirnya gue baru berangkat dari kost jam 9 padahal anak-anak labsky jam 9 udah di kampus haha.
dan di depan ruang audiovisual gue langsung disambut oleh wicak dan ... pak eri, guru geografi.
oh wow aneh rasanya ketemu dia di kampus dan bukannya sekolah. beberapa menit kemudian, muncullah pak arifin, guru bhs inggris sekaligus wali kelas gue pas kelas satu, daan bu wulan! salah satu guru yang paling deket ama gue :)

awalnya kita hepi-hepi aja ngobrol di depan ruang audiovisual sampai tiba-tiba muncul pemberitahuan, "wicak sama arum disuruh masuk ruang audiovisual ama pak buang. diminta sharing pengalaman selama kuliah di sini." DOENGG.
setelah menolak, dipaksa, menolak, makin dipaksa, akhirnya gue dan wicak masuk ke ruang audiovisual. begitu masuk, bu yuke, the famous queen of marketing yang sedang bicara di depan, langsung ngomong, "nah ini dia alumni SMA kalian yang kuliah di sini."
aaarrrgghh malunyoooo.
ditambah lagi abis gitu gue dan wicak diminta buat sharing pengalaman masing-masing, gimana caranya bisa lulus UM UGM, gimana rasanya kuliah di jogja dan jauh dari orangtua, blah blah blah. terakhir, kita berdua disuruh memandu anak-anak buat keliling kampus. berhubung kampus kita kecil, tugas terakhir itu berhasil dilaksanakan kurang dari 15 menit meskipun gue sempet mendapat pandangan aneh dari temen-temen gue yang lagi duduk-duduk di selasar dan bawah tangga utama. sigh.

but the greatest part comes next.
gue dan wicak berinisiatif nganterin rombongan balik lagi ke bus. sebelumnya kita mampir dulu ke fakultas psikologi, dan di sana kita ketemu pak herman (guru BK), ephay, dan jeki. alhasil reuni kedua pun terjadi di sana.
setelah berheboh-heboh ria, mengantar rombongan labsky balik ke bus, akhirnya tinggallah kita berempat. gue, ephay, wicak, dan jeki. kita jalan bareng dari belakang psikologi menuju humaniora, dan entah gimana tau-tau kita berhenti di pinggir humaniora buat ngobrol seru di sana. pembicaraan yang biasa sebetulnya; ngeledek ngeselin khas wicak, sok sok centil agak bego khas jeki, dan obrolan ngaco khas ephay.
dan kemudian.
tiba-tiba.
secara tidak bisa dijelaskan.
gue merasa sedih.
gue merasa senang dan sedih di saat yang bersamaan.

hahahaha aneh bukan?

entahlah.
mungkin karena gue merasa terlalu gembira.
gue sering banget makan berdua ama ephay, gue hampir setiap hari ketemu wicak di kampus, gue juga pernah jadi kelinci percobaan praktikum jeki. tapi gue lupa banget kapan terakhir kita ngumpul rame-rame gini.
setelah itu kita makan siang bareng di galeria dan membahas banyak hal yang terjadi di masa lalu.

kita membahas pas pertama kali kita dateng ke jogja buat tes TOEFL dan nginep rame-rame di rumah wicak.
kegoblokan-kegoblokan yang terjadi pas kita rame-rame naik mobil wicak dan berkeliling jogja, sempet nyasar karena blom tau jalan.
makan malem di pizza hut karena kita ga tau mau makan dimana lagi dan sepanjang makan anak-anak cowo' pada ngelawak terus.
tidur berdua ama ephay di kamar orangtuanya wicak dan terjadi kericuhan karena gue lasak klo tidur hahahaha.
lagi enak-enak duduk di beranda ama ephay tau-tau kerasa gempa kecil. awalnya kita ga tau itu gempa, kita kira anak-anak cowo' yang lagi asik main PS di bawah melakukan gerakan ekstrim yang mengguncang rumah.
gue dan ephay jalan kaki mulai dari pogung ampe swakarya demi nyari kost yang cucok, ampe-ampe kita udah bisa ngebedain mana yang rumah biasa dan mana yang kost, mana yang kost cowo' atau cewe' tanpa perlu masuk ke dalemnya.

kita membahas ketika kita pertama kali hidup di jogja sebagai mahasiswa dan anak kost.
jalan kaki di siang hari bolong hari pertama puasa dari bank BNI ampe taman sari, trus pulangnya naik taxi ke amplaz.
pas main bowling bareng di saphir square, ephay ma jeki kejebak di lift yang mendadak mati.
dan terakhir, kita bahkan membahas masa-masa SMA. ketika kita TO, ketika kita pertama kali kenalan, pertama kali deket. membahas guru-guru SMA, para senior di SMA, pengalaman gue ma tania bolos ke plaza semanggi dengan alasan mau balikin formulir pendaftaran atmajaya, dan sebagainya.

ya ampun.
semua itu terjadi minimal tiga tahun yang lalu. cepet banget waktu berlalu?
sebelumnya gue ga pernah nginget-nginget kenangan masa lalu, apalagi yang terjadi pas SMA dan awal-awal kuliah.
tapi ngumpul rame-rame gini, ngobrolin hal-hal itu, duuh rasanya agak aneh. menyenangkan sekaligus bikin sedih, entah kenapa.
mungkin gue sedih karena momen bareng-bareng kaya' gini langka banget buat didapetin.
mungkin gue sedih karena apa yang kita bicarakan dan inget-inget adalah kenangan yang ga akan pernah bisa berulang.
dan mungkin gue sedih karena setelah ini, setelah makan siang yang berharga ini selesai, setelah kita pulang ke tempat masing-masing, kita akan kembali jadi diri masing-masing.

arum yang mempersiapkan proposal skripsi dan workshop.
ephay yang merampungkan skripsi dan mau pergi siaran.
jeki yang melanjutkan skripsi dan mungkin pacaran ama salsa.
wicak yang mengerjakan skripsi dan ngasdos.
intinya adalah kembali ke masa kini yang sebenarnya, dan kenangan masa lalu hanyalah sepiring kue camilan yang hanya bisa dinikmati dengan sangat enak ketika kita bersama-sama.

bukan, gue bukan menolak menghadapi masa kini.
masa kini juga menyenangkan, tapi membicarakan dan mengenang keindahan masa lalu emang ga akan ada habisnya.
akhir-akhir ini gue, dan gue yakin mereka juga begitu, cukup disibukkan dengan masa kini. ketika akhirnya gue dan mereka diberi kesempatan untuk sama-sama mengenang masa lalu, rasanya bener-bener mengharukan. sekelompok orang yang kini udah memiliki jalan sendiri-sendiri, kembali bertemu di sebuah persimpangan buat mengenang jalan yang pernah mereka jalanin bersama.

hahahahaha oke sudah cukup mellow-nya.
kaya'nya di antara kita berempat cuma gue doang deh yang ngerasa kaya' gini, sisanya santai-santai aja. khas arum deh emang.
intinya adalah seperti yang pernah gue tulis di status facebook gue tempo hari : "seindah apa pun masa lalu, kita hanya bisa mengenangnya sambil tersenyum. dan tetap melangkah untuk merajut kenangan-kenangan baru, berharap bahwa rajutan itu setidaknya dapat mendekati sepersekian dari keindahan kenangan masa lalu." :)

7 comments:

Kasabandiah said...

Aiiih, abis baca ini gue jadi terharu sendiri :''''o

Azam Raharjo said...

:)

hal semacam itu, terutama paragraf terakhirmu, selalu terjadi setiap kali "aku pulang dari 'jakarta'."

Unknown said...

mantaplah rum..
kita semua emang punya jalan masing-masing yang akan kita tempuh..
dan mungkin aja saat-saat kaya gini adalah saat-saat kita bisa kumpul bareng..sebagai mahasiswa UGM yang secara kebetulan dari SMA yang sama. Mungkin misalnya jumlah kita banyak ky tmen2 kita di UI acara kaya gini ga akan kerasa banget bedanya sama kumpul-kumpul biasa..
so just enjoy it..things like this don't happen for a second time..

Gw harap di next reunion kita uda bisa jadi seseorang yang lebih tinggi dari sekarang..
=)

rumii said...

olga : haha thanks 'ga. klo gue terharunya mungkin lebih karena mereka yang gue sebut dalam blog ini emang orang-orang yang masuk dalam kategori "temen-temen deket" jadi ya lebih berasa aja reuninya.

azam : hahaha masih toh ama si 'jakarta'?

wicak : reaksi gue sama ma iqbal, kaget ngeliat lo komen di sini haha.
amiiin pada reuni berikutnya kita udah bisa jadi seseorang yang lebih tinggi dari sekarang. sekarang yang notabene kita masih berstatus sama-sama mahasiswa UGM aja rasanya kaya' gini, gimana klo ntar pas kita udah bener-bener memasuki dunia yang berbeda ya? it will be so amazing i guess :)

revy prameshizta said...

huhu in the end gw ga jadi siaran hari itu rum, karena sejak di gale kan gw mules2 ya, dan itu berlanjut karena ternyata maag gw kumat.
eniwe, gw stuju ma wicak, kbetulan kita brasal dari SMA yg sama, idup di kampus yg sama (walopun beda fakultas) dan walopun kita tinggal di kota yg sama tp ngga setiap hari kita bisa ketemu, tapi yg namanya pertemanan itu akan slalu bikin kita ketemu lagi, jadi satu lagi, nyambung lagi, padahal kita ngga selalu update dgn kondisi masing2 lainnya.

intinya, friendship is a precious thing for me, including every people inside. hehee gw seneng bgt punya TEMEN, eh let me rephrase that, SAHABAT, no, more than that tapi gw ngga tau namanya apa, kayak loe rum!! ;DDD

rumii said...

muah! i love you damn much andreivie prameshizta :)

Azam Raharjo said...

masih kok--well--dengan situasi dan 'status' yang berbeda dan akan berbeda selamanya.