Thursday, January 21, 2010

all hail hayao miyazaki and studio ghibli!

actually i'm not in the mood for blogging jadi mohon maaf klo tulisan gue agak garing kali ini. atau biasanya juga udah garing? pardon me.
anyway sebelumnya gue udah ngebahas dikit tentang tim burton, sekarang gue mau ngebahas agak banyak tentang hayao miyazaki dan studio ghibli. pernah denger?
yaap dia adalah pendiri studio ghibli dan salah satu animator terjenius yang hidup di bumi :)
oh oke mungkin gue terdengar lebay tapi mungkin kalian akan berpendapat sama ketika nonton film-film yang udah dia bikin.

ciri khas pertama dari film-film studio ghibli yang layak diacungi lima jempol adalah gambarnya yang oke banget. klo kalian perhatiin, gambar atau latar belakang dari film-filmnya bener-bener detail, bagus, dan warnanya hmmm indah banget. konon itu semua dikerjain pake tangan loh. we o we WOW.
dan yang kedua adalah ide cerita yang nggak biasa. nggak seperti kebanyakan film-film animasi amerika maupun negara lain yang menurut gue agak gampang ketebak dan memiliki kisah agak standar, film-film animasi dari studio ghibli biasanya harus ditonton sekitar 2-3x dulu baru bisa dipahami sepenuhnya. ceritanya memang agak rumit dan ga bisa ditebak. mungkin bagi banyak orang terkesan aneh dan ribet, tapi somehow gue suka :)
bukan berarti gue ga suka nonton film animasi barat loh yaa.

so far film bikinan hayao miyazaki yang udah gue tonton adalah :

1. spirited away / sen to chihiro no kamikakushi (2001)
it really is the best animation movie i ever watched!
gue pertama kali nonton klo ga salah pas gue kelas 2 SMA dan ampe sekarang ditonton berulang-ulang teteup aja blom bikin gue bosen.
ceritanya tentang sebuah keluarga kecil yang sedang dalam perjalanan pindahan ke rumah baru mereka, tapi sayangnya mereka malah tersesat dan masuk ke sebuah terowongan yang menuju ke sebuah dunia misterius yang diketahui kemudian sebagai tempat peristirahatan "dewa-dewa gaib" dan otomatis terlarang bagi manusia.
karena kecerobohan mereka sendiri, si orangtua harus berubah menjadi babi dan untuk bisa bertahan hidup di dunia itu, anak perempuan mereka yang masih berumur 10 tahun, chihiro, harus bekerja dan berganti nama jadi sen.
hmm walaupun terdengar agak menakutkan dari penjabaran di atas, tapi menurut gue dunia gaib tempat mereka terjebak itu baguuus banget. digambarkan dengan sangat indah oleh hayao miyazaki dan tim. somehow gue ga keberatan bertukar tempat ama chihiro/sen dan bekerja di dunia itu :)
oh dan film ini juga berhasil meraih banyak penghargaan bergengsi such as piala oscar, academy award, dan golden bear. soo worth it!

2. princess mononoke / mononoke hime (1997)
gue lupa kapan tepatnya pertama kali nonton film ini. mungkin sekitar pas gue kelas 3 SMA karena gue nontonnya di rumah temen SMA gue, tim yang sama ketika nonton spirited away hoho.
karena gue nontonnya cuma 1-2x jadi agak-agak lupa ceritanya.
klo ga salah tentang pangeran suatu suku yang terluka ketika berusaha menyelamatkan desanya dari serangan monster gaib. dan karena luka itu disebabkan oleh makhluk titisan iblis (anjrit sinetron religi abis bahasa gue) maka si pangeran ashitaka bisa dibilang kena kutukan yang makin lama akan makin menyebar ke seluruh tubuhnya dan membunuh dia.
dia pun memutuskan untuk meninggalkan suku dan berkelana untuk mencari obat. di perjalanannya, dia bertemu dengan seorang putri hutan bernama san, yang dibesarkan oleh serigala, dan kemudian dia pun berusaha membantu san untuk menyelamatkan hutan, setelah sebelumnya berusaha setengah mati buat ngedapetin kepercayaannya san.

3. my neighbor totoro / tonari no totoro (1988)
untuk ukuran film animasi yang dibikin tahun '88, i must say film ini sangat mengagumkan :)
gue sendiri baru nonton minggu lalu, haha telat ya?
ceritanya simpel banget, tentang keluarga yang baru pindah ke rumah baru mereka di kaki sebuah pohon raksasa yang ternyata dihuni oleh sejenis makhluk gaib yang lucu dan menggemaskan (haha subjektif) bernama totoro. gede, empuk, berbulu, dan bisanya cuma tidur ma mengaum. aaah pengen banget gue melihara dia walaupun pasti makan tempat banget hehehe :)
oh dan gue juga jatuh cinta banget ama si bus kucing. klo disuruh milih antara lebih pengen melihara totoro atau bus kucing, gue lebih pilih bus kuciing hohohoho ngayal doang deh gue bisanya.
but that's what i love the most from ghibli's movies, sooo full of imagination :)



4. kiki's delivery service / majo no takkyubin (1989)
sama kaya' tonari no totoro, gue juga telat banget nonton film ini, baru nonton minggu lalu juga.
seujujurnya gue lebih suka film ini ketimbang tonari no totoro. ceritanya simpel tapi lucu banget, tentang seorang penyihir cilik bernama kiki.
para penyihir memiliki aturan kuno yaitu ketika mereka berumur 13 tahun mereka harus meninggalkan rumah untuk melewati masa latihan selama setahun menjadi penyihir yang sesungguhnya. mereka harus menemukan sebuah kota baru dan membantu warga kota itu dengan kekuatan yang mereka miliki.
kiki, ditemani kucing hitamnya yang super duper lucu (lagi-lagi gue subjektif haha) bernama jiji, pergi ke sebuah kota besar yang terletak di pinggir laut dan memiliki sebuah menara jam. awalnya dia merasa bingung dan sedih karena sepertinya warga kota itu bersikap kurang welcome ke dia, ditambah lagi dia merasa tidak memiliki kekuatan khusus, tapi toh pada akhirnya dia membuka usaha delivery service yang semakin berkembang.
film ini bikin gue pengen bisa terbang naik sapu dan melihara kucing hitam yang bisa ngomong hahaha.

5. howl's moving castle / hauru no ugoku shiro (2004)
gue nonton film ini kaya'nya barengan ama mononoke hime dan lagi-lagi juga cuma 1-2x doang, makanya ga gitu inget ceritanya secara mendetail.
klo ga salah berkisah tentang seorang cewe' bernama sophie yang secara ga sengaja ketemu ama seorang penyihir ganteng bernama howl ketika sedang jalan-jalan di kota. dan keesokan harinya secara misterius dia (sophie, bukan howl) berubah menjadi nenek-nenek. diketahui kemudian klo yang mengutuk dia adalah penyihir jahat yang sedang mengincar jantungnya howl dan dia mengutuk sophie karena sepertinya howl naksir sophie.
sophie pun lari dari rumah dan bertemu istana howl yang bisa jalan-jalan. istananya gede banget dan seperti terbuat dari berbagai macam barang-barang rongsokan. akhirnya dia tinggal di istana itu sebagai "nenek" yang rajin memasak dan membersihkan rumah.
ceritanya sendiri yang paling membingungkan dari semua film hayao miyazaki yang pernah gue tonton. apa karena gue nontonnya cuma 1-2x aja ya jadi gue masih ga gitu ngerti?

gue baru nonton lima film di atas.
masih ada beberapa filmnya hayao miyazaki yang blom gue tonton dan pengen banget gue tonton karena konon katanya bagus banget, ada yang mau ngasih info dimana gue bisa ngedapetin? atau minjemin barangkali?


ada juga film-film studio ghibli yang bukan bikinan hayao miyazaki yang udah gue tonton, yaitu:

1. the cat returns / neko no ongaeshi (2002)
kawaaaiii :)
since i'm a cat lover hahahaha.
tapi ceritanya agak biasa aja sih, tentang seorang cewe' yang menolong seekor kucing di jalan eh ternyata tu kucing adalah pangeran negeri kucing. alhasil ni cewe' langsung diculik ke negeri kucing buat dinikahin ama si pangeran kucing.







2. grave of the fireflies / hotaru no haka (1988)
bersetting perang dunia ke dua, film ini sangat sangat sangat menyentuh. i cried while watching it. miriiis banget dan ending-nya sedih. ehmm walaupun sedih atau nggak ending-nya tergantung pada persepsi kita.
ceritanya tentang kakak-beradik yang mencoba bertahan hidup di tengah perang dunia yang berkecamuk. si adik ternyata menderita sejenis penyakit dan si kakak harus berjuang mencari makanan, obat, dan tempat tinggal yang layak untuk bisa menyembuhkan adiknya.







you really should watch studio ghibli's movies! they are A-W-E-S-O-M-E! :)

6 comments:

Tania Shevriza Touw said...

iya aruum,, bagus banget emang film2nya buatan dia... gw udh nonton beberapa... dan gw sepakat sama lo...

dongengdenis said...

smua studio ghibli bagus kok, cuma emg hayao aja yg plg terkenal. ada 2 cara untuk mendapatkan pasangan:

1. harus cakep/cantik.

2. asal bisa ntn bareng film yg trakhir (grave of fireflies) dgn sang target, dijamin dapet.

tapi jangan nangis ya.

Bayu Warjiyo said...

bagi dong kalo lagi ngumpul, hahaha

rumii said...

dongengdenis : loh emang apa hubungannya nonton grave of the fireflies ama ngedapetin target? hahaha.

Azam Raharjo said...

mana credits to azamnya? :B

rumii said...

CREDITS TO AZAM WIJAYA RAHARJO.

tuh :)