Friday, December 4, 2009

december already? wow.

postingan ini mestinya gue post beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 1 desember, but nevermind toh masih sama-sama awal desember ini.

kalender udah menunjukkan angka 12 LAGI dan berarti sebentar lagi udah mau taun baru LAGI.
maaan apakah cuma gue yang merasa begini atau memang tahun 2009 berlalu dengan luar biasa cepat?
rasanya baru beberapa bulan lalu gue merayakan tahun baru 2009 bareng tika-icha di kost gue dan tau-tau beberapa minggu lagi kita akan kembali merayakan pergantian tahun 2010?

sebenernya gue udah merasakan fenomena ini semenjak tahun 2008.
ceilah fenomena, kesannya kejadian ilmiah gitu padahal biasa aja hahahaha.
tapi bener banget.
tahun 2006-2007 menurut gue berlalu dengan sangat lambat. gue masih bisa mengingat betul hari-hari terakhir gue di bangku SMA, disusul dengan hari-hari awal gue di bangku kuliah. semuanya berjalan dengan lambat banget.
tapi begitu memasuki tahun 2008, gue mulai merasa bahwa waktu berjalan dengan sangat cepat. tahu-tahu udah masuk tahun 2009 aja. ck ck ck apakah kalian juga merasakan hal yang sama?

gue sempet berdiskusi soal ini ke temen-temen gue.
sebagian besar juga merasakan hal yang sama ma gue, tapi ada juga yang merasa biasa aja, bahkan ada yang merasa sebaliknya.
berarti bener kata temen gue, waktu itu bersifat relatif. sama halnya dengan waktu yang berjalan saat kita kuliah. ada mata kuliah tertentu yang rasanya cepeet banget dan ada juga mata kuliah yang seolah-olah dosennya bekerjasama ama setan buat memperlambat waktu.

awalnya gue sempet berteori bahwa waktu yang berjalan lambat itu berlaku buat MABA.
well memasuki dunia baru, bertemu teman-teman baru, mengalami pengalaman-pengalaman baru, rasanya menyenangkan banget jadi waktu berjalan lambat. tapi begitu gue tanya ke ade'nya temen gue, anak akuntansi 2009, ternyata dia ga sependapat. buat dia, tahun 2009 juga berlalu dengan cepat.
oh oke, kembali lagi pada kalimat waktu itu relatif.

ada juga yang bilang "waktu berjalan cepet, berarti kiamat udah deket."
gue baru denger teori kaya' gitu.
oke hari senin kmaren ada dua orang bunuh diri di senayan city dan grand indo, dan pagi ini ada yang bunuh diri lagi di mangga dua square. menurut gue hal itu yang lebih mirip ma tanda-tanda mau kiamat ketimbang waktu yang lomba lari ama cheetah.

hmmm setelah berpikir dan menganalisa selama beberapa waktu, gue pun tiba pada satu kesimpulan yang paling masuk akal yaitu:
daya ingat gue yang semakin menurun.
loh kok bisa gitu?
jujur makin lama gue makin pikunan.
di tahun 2006-2007 daya ingat gue masih lebih bagus dari sekarang. dan mungkin karena tahun 2006-2007 adalah tahun yang sangat sangat menyenangkan sehingga gue menikmati setiap detiknya, setiap momen terekam dengan cukup detail di kepala gue.
bukan berarti tahun 2008-2009 tidak menyenangkan. 2008-2009 juga sangat menyenangkan tetapi gue udah mulai jenuh ama kehidupan kuliah yang agak monoton. gue dikelilingi teman-teman yang menyenangkan, disibukkan oleh kegiatan-kegiatan organisasi dan kepanitiaan yang juga seru, tapi karena itu udah bukan lagi suatu hal yang baru, jadi gue cepat merasa bosan.
tiap momen menyenangkan pun berlalu begitu aja tanpa terlalu membekas di pikiran gue.

bagaimana dengan KKN?
the best moment of 2009 i guess.
gue dapet pengalaman dan teman-teman baru yang super fun dalam kurun waktu dua bulan.
tapi teteup aja nggak membuat 2009 lebih slow motion.
yah sekali lagi, waktu itu relatif.

bagaimana dengan kalian?
apa kalian merasakan hal yang sama dengan gue?

1 comments:

Darens said...

klo lo menjalanin hidup dengan bersyukur pasti akan terasa lebih bermakna hidup ini, ingat kiamat itu hanya hak Allah, manusia ga da yang bis menerkah apalagi menentukan.