Tuesday, November 3, 2009

why cant i love kids?

gue seringkali bingung ama orang-orang di sekitar gue yang mendadak heboh klo ngeliat anak kecil, entah bayi yang masih digendong ato bocah yang udah bisa berlarian kesana kemari.
tau-tau histeris, nyamperin tu anak sambil mengeluarkan suara aneh, masang mimik muka (sok) imut, nggangguin ato nyubitin pipi, and so on.
sedangkan gue?
pilihannya cuma dua : kabur menghindar atau terdiam membeku.

gue selalu bertanya-tanya apakah gue ini normal ato nggak.
well tidak ada standar normal buat hal-hal kaya' gini sih tapi teteup aja gue merasa nggak normal secara 90% temen gue (cewe') demen banget menunjukkan gejala-gejala yang gue jabarkan di paragraf pertama tadi.
pernah juga gue mengira bahwa ketidaksukaan gue pada anak kecil adalah trauma gara-gara suatu kejadian yang terjadi bertahun-tahun lalu, tepatnya di hari lebaran pas gue kelas 2 SMP.
waktu itu gue dikuntit seharian ama keponakan gue (cowo') yang baru berumur 2 taun and it was a NIGHTMARE. the worst lebaran ever deh pokoknya. ditambah lagi seluruh keluarga besar gue ga ada yang mau berbaik hati menolong gue dan malah lebih memihak si keponakan gue itu. ya iyalah namanya juga anak kecil.

gue bukan benci anak kecil sih.
tapi mungkin lebih ke arah gue melihat mereka hampir seperti barang-barang furniture di pameran yang dipasangin tulisan "dilihat boleh, dipegang jangan".
oke rasanya pengandaian itu agak kejam, but that's true.
tiap kali ketemu anak kecil, khususnya bayi yang blom bisa ngomong, gue BINGUNG mau ngapain. oke gue akui mereka lucu, but that's all. gue ga tertarik berusaha ngajakin dia main, nyubit-nyubitin pipi dia, nggendongin dia, dan hal-hal lain yang normally dilakukan orang-orang ke anak kecil.
ending-endingnya gue cuma berdiri di belakang temen gue (atau siapapun) yang sibuk nggodain tu anak, sambil merhatiin doang, mungkin sesekali senyum. biasanya tu senyum bukan ditujukan ke si anak kecil, tapi lebih ke nahan ketawa ngeliat tingkah temen gue (atau siapapun) itu.

tiga tahun lalu, sepupu gue melahirkan anak pertamanya.
cowo' dan dikasih nama arya.
gue sempet jatuh cinta ma ni anak, soalnya dia lincah banget dan pinter pula. dan yaa mungkin euforia baru punya keponakan kali ya?
menjelang umur kedua, si arya jadi super hiperaktif.
saking hiperaktifnya, gue ampe ikutan stres dan capek sendiri ngeliatin para orang dewasa nanganin dia.
dari bayi sebenernya dia udah kelewat lincah sih tapi gue ga nyangka klo makin gede ternyata ni anak makin lincah dan ceriwis.
jadi udah bisa ditebak dong bahwa ending-ending nya gue juga jadi lebih memilih buat diem aja di belakang para anggota keluarga gue yang heboh ngerumunin dia tiap acara keluarga?

mei lalu sepupu gue melahirkan ade' perempuannya arya, dikasih nama nadya.
dan beberapa minggu setelahnya, tante gue juga memutuskan buat ngadopsi bayi cewe' yang dikasih nama fira.
makin rame dong keluarga gue dengan kids thingy?
dan gue makin bingung kenapa gue masih blom bisa suka ama anak kecil, bahkan ketika gue udah masuk kepala dua. ada yang bilang klo semakin gede umur kita, kita makin punya kecenderungan buat lebih suka ma anak kecil. karena naluri keibuan mulai tumbuh mungkin? but i guess not for me hahahaha.

satu pengakuan yang jujur dan agak kejam dari gue adalah : gue bahkan jauh lebih suka kucing ketimbang anak kecil.
hal-hal yang biasa dilakukan orang-orang terhadap anak kecil, kaya' yang tadi udah gue sebutin, gue lebih prefer melakukannya ke kucing. seriously.
bukti nyatanya adalah tadi malem.
semalem gue main ke rumah tante gue. nyokap gue, sepupu gue, dan tante gue jelas sibuk dengan para bayi.
gue? di halaman, main-main ma si kucing.
dan ketika udah waktunya pulang, nyokap gue heboh pamitan ke arya, nadya, ma fira.
sementara gue? pamitan singkat ke mereka, dan ngelus-ngelus si kucing lamaaa banget ampe nyokap gue mesti manggil gue dari mobil.
ampe pernah ada temen gue yang ngomong kaya' gini, "ih ntar lo klo udah punya anak jangan miara kucing ya 'rum, bisa-bisa lo lebih ngurusin kucing lo ketimbang anak lo. kasian kan anak lo ntar?"
oke perkataan itu agak terlalu lebay tapi sejujurnya bukan nggak mungkin terjadi. LOL.

0 comments: