Monday, July 20, 2009

kuliah kerja nyampah.

haa akhirnya gue blogging juga setelah sekitar dua minggu lebih ngendon di tempat KKN.
i promised my mum to update these KKN things about two weeks ago tapi baru bisa sekarang.

buat yang blom tau, mulai dari tanggal 2 juli kmaren gue KKN di dukuh bromonilan, kelurahan purwomartani, kecamatan kalasan, sleman.
sebelum dateng ke lokasi KKN, gue membayangkan lingkungan KKN gue mirip kaya’ lingkungan SOMAS (jaman SMP) ma lingkungan TO (jaman SMA) dulu. sekilas info, SOMAS ma TO itu konsepnya hampir sama ma KKN, tinggal di rumah penduduk di desa, tapi dalam jangka waktu yang pendek, cuma beberapa hari doang.
nah lingkungan desa tempat gue SOMAS ma TO dulu tuh ndeso banget deh, dan gue membayangkan desa tempat gue KKN sekarang ini ya kaya’ gitu.

ternyata?
tempat KKN gue bentuknya mirip komplek rumah gue di jakarta, saudara-saudara!
yaa ga mirip-mirip amat sih, lebih rame dan modern komplek rumah gue di jakarta, klo di sini masih lebih banyak daerah perkampungannya, dan otomatis rumah penduduk yang kita tinggalin ya yang di daerah perkampungan, walopun ada satu subunit yang tinggal di rumahnya pak dukuh dan itu lokasinya di pinggir jalan raya.

ohyaa sebelumnya perkenalan duluu.
gue satu subunit ma enam anak lain yang berasal dari berbagai fakultas.
awalnya gue kira mereka pendiem bin alim semua, ternyata? yaa memang ada yang pendiem dan alim, tapi sisanya wuih bosok kabeh!

1. heri (ayah) - teknik sipil ekstensi '08.

bapak kormasit kita yang berasal dari tanah sunda ini sangat santai dan mengayomi kita semua. mempopulerkan kata "kecewa" yang harus diucapkan dengan nada datar agak kesunda-sundaan. memiliki kemampuan khusus yakni bisa berkomunikasi dengan makhluk halus heuuuuu. tiap diajakin melakukan sesuatu pasti jawabannya cuma "ya hayuk atuh."
gue jadi penasaran apakah klo misalnya gue ngomong "ayah, nyemplung ke kolam lele di halaman yuk!" dia pun masih akan menjawab "ya hayuk atuh."

2. wawan (pakde) - pertanian '05.

makhluk paling pendiam dan alim di subunit kita, namun belakangan ini mulai menunjukkan bakat-bakat terselubung ke arah kegilaan. mungkin karena udah mulai kepengaruh ma temen-temen subunitnya (baca: gue dan lima anak lainnya) yang juga menunjukkan gejala-gejala ketidakwarasan.

3. awan (om / boyo) - hubungan internasional '05.

anak baru di unit dan subunit kita, karena dia baru gabung sekitar sebulan sebelum penerjunan. DPL kita selalu mewanti-wanti bahwa dia orangnya super pendiem dan introvert, ternyata itu adalah BOHONG BESAR! dia justru salah satu makhluk tergila di subunit, hobinya nyari musuh dengan cara gangguin orang (gue salah satunya), dan sangat mengidolakan tokoh "boyo" di video grammar suroboyo.

4. aga (bapak / suro) - psikologi '06.

nah ini dia rekan sejati gue dalam nyampah dan mbosok! ampe gue bingung mau mendeskripsikan dia kaya' gimana lagi. kegiatan gue sehari-hari ya biasanya barengan dia, entah ngerjain program bareng karena kita satu cluster ato melakukan hal-hal tidak berguna such as menggosip, ngerasanin orang, kabur ke kota, telat dateng ke rapat cluster gara-gara ketiduran, dsb.
ohya dan tiap kali gue dibonceng ma dia (dan gue emang hampir selalu dibonceng ma dia) gue seriing banget mengucapkan kalimat "errr 'ga, mestinya tadi kita belok pas belokan tadi, kita kebablasan. tapi yaudahlah beloknya di belokan depan aja."

5. anggun (inem) - kimia '06.

cerewet pol dan cempreng, tapi rajin. kaya'nya itu yang paling tepat buat nggambarin ni cewe'. menjadi oknum yang selalu tertindas di subunit kita, tapi tiap ditindas tampangnya malah bahagia, apakah dia seorang masokis? hahahaha. udah gitu ni orang syaraf geli-nya udah putus, dikelitikin ampe bego pun dia ga bakalan ngerasa geli. tapi dia ini yang paling alim loh, tiap subuh ma magrib dia hampir selalu nyempetin ngaji.

6. niken (tante / mbakyu) - psikologi '06.

wah jangan macem-macem ma cewe' satu ini soalnya dia atlet karate tingkat err klo ga propinsi ya nasional, aduh gue lupa nanya haha. orangnya sangat resik dan cukup tegas, khususnya masalah piket. and thanks to her, gue jadi ada temen jogging dan main badminton (secara dia yang bawain raketnya hoho).

7. arum (ibu) - manajemen '06.

ada gitu yang blom kenal ma gue? HAHAHAHAHA.

gue dkk kebagian tinggal di subunit 2, tepatnya di rumah ketua RT 18 yang namanya pak rintono. rumahnya pewe pisan euii klo dibandingin ma rumah subunit yang lain, well kecuali kamar mandinya to be honest.



ruang utama tempat kita biasa berkegiatan bareng


kamar anak-anak cewe'


kamar anak-anak cowo'

ohyaa TV ma dispenser yang ada di foto itu KHUSUS DIBELI oleh pak rintono buat nyambut kita looh. gilelundroo baik bener kan si bapak? ck ck ck wilafyu paak.
dan demi kebaikan bersama, gue ga motret kamar mandinya hahaha, males juga kalii motret-motret kamar mandi. sebenernya ga parah-parah amat siih kamar mandinya apalagi gue udah mulai terbiasa, tapi ya teteup aja lebih pewe kamar mandi di subunit lain.

oh and here some pictures of our first two weeks at purwomartani:






sekian laporan pandangan mata dari purwomartani, nantikanlah laporan berikutnyah.

4 comments:

Azam Raharjo said...

:-|

miss piggy (chenchen) said...

kyaaa.. ada yg keren!

rumii said...

geh? yang mana cen?

Anonymous said...

fotonya lucu semua...