Monday, March 3, 2008

sex education at tamansarii..

sebenernya kejadian ini udah agak lama, tapi yah akan kurang afdhol dan sangat disayangkan klo ga gue masukin ke blog, abis bner2 langka bin ajaib banget.. ga habis pikir aja gue klo pernah ada kejadian kaya’ gitu, ehmm tepatnya sii gue ga nyangka aja bakal ketemu orang kaya’ gitu..

ini udah hampir skitar sbulan yang lalu, tepatnya ketika gue baru selesai UAS.. gue kelar UAS tanggal 17 januari, trus temen lama gue yang bernama nia, yang gue kenal dari bimbel INTEN dulu, mau liburan bentar di jogja gara2 dya bosen di jakarta dan ntar dya pulang ke jakarta nya barengan gue, jadi kesannya kaya’ dya jemput gue ke jogja gitu, hehehehe tapi skalian liburan bentar..

nah dari jaman dya blom dateng, dya udah minta gue nganterin dya ke tamansari *tamansari bneran loh, bukannya tamansari foodcourt amplas* soalnya dya pnasaran banget gara2 pernah ngeliat liputan tamansari di TV.. jadi akhirnya pada hari sabtu tanggal 19 januari 2008, jam 10 pagi, kita bertolak ke tamansari naik bus no 4.. turun di malioboro, kita belanja dulu ampe jam 12an, beli oleh2 buat keluarganya nia, skalian ngadem bentar di malioboro mall.. stelah ngadem di mall, kita nyebrang buat nyari becak.. tadinya gue kira tukang becaknya bakal ngocol dan nembak harga mahal buat ke tamansari, ternyata 10ribu doang, hohoho.. akhirnya gue dan nia bertolak ke tamansari naik becak berdua.. di becak sempet foto2 loh, pas berhenti di lampu merah gitu, alhasil sempet jadi tontonan ma orang2 yang jalan dari lampu merah sberang hahaha..

akhirnya kita sampai di tamansari, beli tiket seharga 2500, masuk deh.. di pintu masuk, udah berjejer pria2 yang menunggu untuk dipilih para pelanggan *sumpah konotasinya negatif abis!* buat jadi tour guide.. tapi berhubung gue udah pernah ke tamansari sblomnya, jadi gue ngerasa lbh baik kita ga usah pake tour guide, scara lbh bebas juga kan klo ga pake tour guide dan ga perlu kluar duit ekstra buat ngasih tip, hehehe.. jadi bgitu ada tour guide yg nawarin diri, gue dgn sigap ngomong “wah mas, makasih banget tapi kita ga mau pake tour guide, lagian saya udah pernah ksini sblomnya!” dan si mas2 pun mundur perlahan, dan arum serta nia pun melangkah maju dengan mantap.. *apasii?*

pas nia lagi asik foto2, skitar 50m dari pintu masuk, tiba2 gue dan nia dikejutkan oleh kehadiran seorang bapak yang berumur udah lanjut di belakang kita yang tiba2 langsung menjelaskan sgala sesuatu ttg tamansari layaknya tour guide.. yapp bisa ditebak bahwa beliau adalah tour guide tentunya, dan karena kaya’nya bliau udah bersemangat banget nyerocos dan usianya juga udah lanjut, gue ma nia tak enak hati lah buat ngusir atau menolak dengan halus.. yaudalah akhirnya kita pun memakai jasa layanan si bapak.. mulai skarang, kita sebut si bapak dengan sebutan bapak-bertopi-baret alias BBB.. *aduh ko’ mendadak gue jadi agak2 keinget ma salah seorang temen seangkatan gue pas SMA dulu ya?*

eh dan gue sempet foto bareng si bapak loh! haha ga penting..


aanywaii pada awalnya, si BBB masih bersikap layaknya tour guide normal.. sampe akhirnya kita masuk ke semacam bangunan bermenara di pinggir kolam pemandian.. di situ ada semacem tempat tidur gede dari batu dan mulailah terjadi percakapan berikut:

BBB : “nah dari menara ini sultan ngliatin selir2nya yg sedang mandi di kolam dan lalu memilih selir mana yg akan menemaninya malam ini.. ini adalah tempat tidur yang dulu ditempati sultan bersama enam selirnya!”

gue : “hah? berenam? muat apa pak?”

BBB : “muat aja mbak.. ada artinya juga.”

gue : “apaan pak?”

BBB : “artinya, klo ntar mbak berhubungan ma masnya, masnya udah puas satu kali, mbaknya harus bisa puas enam kali.”

BUSYET! eyke shock! klo minjem kata2nya arcci, mami shock! gue makin shock karena si BBB mngucapkannya dengan nada tenang dan kebapakan layaknya seorang kakek yang dengan tenang sedang nasehatin cucunya buat nggak jumpalitan di atas meja makan..

gue nengok ke nia dan ekspresinya hampir sama ma gue.. antara ga ngerti, kaget, ga percaya, agak2 jijaii juga.. nampaknya keputusan kita dalam memberikan BBB kesempatan untuk meraih gelar tour guide of the day agak2 perlu ditinjau ulang, tapi yaudalah sepatu udh jadi bubur, yang bisa dilakukan skarang hanyalah menyesali dan menikmati.. *loh?*

stelah kluar dari kamar tidur, kita foto2 bentar di pinggir kolam, trus melanjutkan tour ke bangunan selanjutnya yang lokasinya agak jauh dari kolam.. oke, penjelasan BBB ttg tempat2 yg kita lewatin gue skip aja ya, gue fokuskan ke sex education-nya, hahaha soalnya jujur aja itu yg paling gue inget.. *DASAR!*

kita sampai lagi ke sebuah bangunan yang memiliki tempat tidur batu gede yg hampir sama ma yg kaya’ di menara pinggir kolam tadi.. di sini, gue mnerima telpon dari tyta yang menyatakan bahwa dya udah sampe di kolam tamansari dan minta gue buat jemput dya..

oya gue lupa bilang bahwa peserta tour tamansari ini mestinya ada tiga orang: gue, nia, dan tyta.. tapi berhubung tyta ada urusan paginya, jadi dya baru bisa nyusul ke tamansari siang2.. akhirnya gue balik lagi ke kolam buat jemput tyta, tanpa rasa berdosa mninggalkan si nia bersama BBB, hahaha.. akhirnya gue bertemu tyta dan mngajak dya ke bangunan tempat gue mninggalkan nia dan BBB.. sblomnya gue sempet ngasih warning ke tyta: “oh ya ‘ta, biar lo ga kaget ntar, gue kasitau aja skarang yah klo kita dapet tour guide yang agak2 AJAIB pake kapital!”

gue dan tyta pun tiba di ruangan dengan tempat tidur batu besar itu.. lalu mulailah BBB menerangkan hal yang sama kaya’ tadi, tentang kepuasan enam banding satu yang sejujurnya ampe skarang pun gue masih blom ngerti spenuhnya.. si tyta nampaknya mulai memahami maksud warning gue tadi.. lalu kembali ke si BBB yang sedang menjelaskan tentang sebuah ambang batu di depan tempat tidur..

BBB : “jaman dahulu itu ternyata sudah ada teknologi canggih.. blom ada TV tapi sultan bisa membuat TV-nya sendiri di ambang batu ini.. terbuat dari cermin yang diatur sedemikian rupa.”

tyta : “trus apaan yang ditampilin di situ pak?”

BBB : “yaa berarti menampilkan sultan yang sedang bersama selir2nya!”

nia *bisik2 ke gue* : “yee brarti make own movie dong! gokil juga si sultan.”

gue ngakak.. dari tadi sbenernya gue udah susah payah nahan2 ketawa dngerin si BBB ngasih sex education.. dan kemudian dilanjutkan dengan percakapan berikut..

tyta : “tapi tempat tidurnya tinggi banget ya pak?”
BBB : “tempat tidurnya dibuat panjang seperti ini karena memang sultan pertama tingginya mencapai dua meter! selain itu tempat tidurnya dibuat tinggi begini supaya apa? supaya tidak ngek-ngek pas sultan sedang berhubungan dengan selirnya sambil berdiri di pinggir tempat tidur.”

yang dya maksud dengan ngek-ngek adalah tempat tidurnya goyang2 dan yang paling bkin gue dkk shock pangkat empat adalah si BBB MERAGAIN AJA GITU YA GERAKAN SI SULTAN DI PINGGIR TEMPAT TIDUR!! OH MY SH*T!! gue speechless.. tyta ma nia juga nampaknya kena kutukan ikat-lidah ala harry potter.. selama beberapa detik kita berusaha mencerna baik2 apa yang barusan kita lihat dan dengar, trus ketawa garing deh.. masyaoloh..

oh ya, ada satu detail yang gue lupa sebutin.. jadi tiap abis ngasih penjelasan yang berbau2 sex education, dya slalu mngucapkan kalimat yang sama.. kuranglebih pada hari itu, dya ngucapin kalimat ini ke kita skitar 8-9 kali.. yaitu “jadii nanti klo mbak2 ini pulang ke jakarta, ama masnya harus lebih canggih lagii.”

oh yeah, ketika itu gue bersyukur banget gue lagi jomblo..

kemudian kita melanjutkan ke sebuah bangunan yang di depannya ada sebuah ventilasi berbentuk bunga dan memiliki sembilan lubang udara.. lalu BBB pun beraksi kembali..

BBB : “ventilasi ini sebetulnya punya arti tersendiri loh mbak.. sembilan lubang di sini melambangkan sembilan lubang yang ada di tubuh manusia; dua mata, dua hidung, dua telinga, satu mulut, dan dua yang lainnya.. tapi sebetulnya ventilasi ini juga melambangkan yang lainnya.. nyuwun sewu, tapi mbak2 ini ada yang bernama susi?”

feeling gue mulai ga enak, dan setelah gue dkk nggeleng, BBB pun melanjutkan..

BBB : “sbenernya ventilasi ini menggambarkan ketika toni sedang memakai susi.. mbak2 bisa liat di bagian lubang yang tengah.”

dengan kata laiiin bliau menamai itunya cowo’ dengan sebutan toni dan itunya cewe’ dengan sebutan susi.. hikmah yang bisa langsung gue ambil di sini adalah gue ga akan pernah menamai anak gue dengan dua nama tersebut!

gimana bisa tu ventilasi bentuknya bisa jadi simbol penetrasi, gue ga ngerti deh.. agak susah juga ngejelasinnya karena gue ga ngambil foto tu ventilasi scara close up, udah keburu ilfil duluan deh gue.. kemudian terjadi sesi sex education berikutnya:

BBB : “mbak2 tau? ada satu posisi yang bisa memberikan kepuasan pada saat berhubungan dgn pasangan, yaitu kepala pria ada di antara paha wanita dan kepala wanita ada di antara paha pria.. ini namanya posisi take and give.”

gue *bisik2 ke tyta* : “wuidiih keren amat namanya take and give, gue mah taunya posisi 69!”

si tyta cekikikan, dan tau2 aja si BBB, seolah bisa denger bisikan gue ke tyta barusan, ngomong “di jakarta ada nama yang lebih populer buat posisi ini kan, yaitu posisi 69.”

makin geli aja deh gue ma ni bapak..

kami pun melanjutkan tour tamansari ceria ke bangunan berikutnya.. nah di salah satu ruangan ada sebuah ruangan yang agak temaram dan memiliki jendela berjeruji kayu.. ambang jendelanya lebar gitu jadi kita bisa duduk, tiduran, bahkan jumpalitan *hiperbol* di situ.. ketika gue dan nia dengan penuh smangat mngeluarkan digicam masing2 buat foto2, tiba2 si BBB berkata dengan lebih smangat lagi: “nah silakan mbak2 foto di ambang jendela ini! duduk selonjoran, trus kakinya ditekuk satu.. wah hasilnya pasti bagus skali mbak!”

gue dkk cengo’.. awalnya kita sempet nolak2 tapi si BBB maksa kita *iya bneran maksa* buat foto sendiri2 di ambang jendela dengan gaya yang dya jelasin tadi layaknya pengarah gaya majalah aneka pes.. *nggak, gue ga salah ketik ko’*

setelah itu kita pergi ke bangunan yang disebut masjid bawah tanah.. dari bangunan sblomnya ke masjid bawah tanah ini, kita mesti ngelewatin perkampungan penduduk dulu.. BBB sempet ngajakin kita ke sebuah rumah *konon katanya itu rumah BBB, waw sungguh suatu kehormatan! hahaa* buat ngasih liat sebuah foto jadul yang berisi gambar tamansari tempoe doeloe.. gue dan nia sempet ngeliat di pintu rumah BBB ada tulisan yang ditulis pake spidol bertuliskan EDDY S.. S-nya gue lupa kpanjangannya apa, pokoke gara2 itu gue dan nia berpendapat klo nama asli BBB adalah eddy.. jadi inget nama guru SMA gue yang super rese’.. namanya eddy tapi biasa kita panggil kingkong.. *sumpah! abis posturnya mirip!*

sesampainya di masjid bawah tanah, tiba2 BBB mengezutkan *pake Z dan bukannya J* gue bertiga dengan menjelaskan teorinya *yang entah bener ato ga, wallahu’alam* yang ampe skarang ga akan pernah gue percayai! tau2 dya ngeluarin sebuah buku saku yang di sampulnya ada lambang UGM..

BBB : “mbak2 tau arti dari lambang UGM?”

gue : “tau pak, dulu pas ospek kita disuruh nyari artinya.”

BBB : “nah sebetulnya ada arti tersembunyi di balik lambang itu.. sebenernya lambang UGM ini juga merupakan lambang dari toni dan susi.. liat aja bentuknya yang menyerupai bunga seperti ventilasi tadi.”

entah knapa gue langsung berasa lagi baca buku terbarunya dan brown, tapi si dan brown bikin bukunya stelah minum 5 pitcher vodka plus 10 butir obat tidur ma segelas kencing kuda.. APAKAH LO BISA TERIMA KLO TIBA2 ADA YANG NGOMONG KLO LAMBANG UNIVERSITAS LO TU SEBENERNYA ADALAH LAMBANG ITUNYA MANUSIA?! damn, gue langsung ilfil pangkat tujuh.. si tyta kaya’nya juga ga terima, karena dya langsung ngomong “hah? bukan lagi pak! itu kan lambang matahari!”

BBB : “ya memang, orang2 taunya itu lambang matahari, tapi sbenernya itu punya makna tersembunyi, yaitu toni dan susi.”

gue dan tyta cuma bisa terdiam, terpaku, tergugu, terngungu *ada ya?* tanpa mempercayai ni teori, smentara si nia cekikikan nahan ngakak sambil menggumam “untung makara-nya UI lambangnya ga kaya’ gitu.”

sekitar 45 menit kmudian, kita pun menyudahi tour tamansari ceria dan makan siang di malioboro mall.. fiuuhh what a day! >.<

4 comments:

in this diary said...

bodoh!!
knapa nama gw ga di sensor aja..
*apa kata dunya!!*

sharusny kita bersyukur tauk!! kedatangan kita ke sana membawa berkah, dapet "ilmu baru"
*gyahahaha...*

antariksa said...

heu.maaf tiba2 nimbrung. tapi memang sebetulnya lingga dan yoni (alat kelamin) merupakan sebuah perlambangan yang sakral bagi beberapa masyarakat tradisional. karena secara filosofis maknanya mendalam sekali loh. gampangnya sih lingga yoni itu perlambangan kehidupan, keseimbangan, dll.

perasz said...

ahahahaks.. gue jadi pengen ktmu si SUSI *lho??*

yaah coba lo foto yang mirip lambang UGM itu. hahaha

eh gila yaa tu sultannya, bisa bener pengen bikin film sendiri. bener2 sultan yang kreatif.

si bapaknya gak ngasih tau tentang doggy style ato gaya2 lainnya? aah masih kurang nii pengetahuan bapaknya. HAHAHAHA

tami said...

waow.. mau dong! punya guide kek gitu haha. agree! lingga yoni/ susi toni itu lambang kehidupan, ga cuma sekedar alat genital i eventho bit eww juga sih haha
yang pasti abis dari sini lebih canggih dong hahaha