Sunday, May 23, 2010

"uri nen super juni-oeyo!"

duduk manis sendirian di sebuah cafe nan pewe bernama kofenoir di jakal km 7, ditemani segelas ice blended caramel latte, sambil menunggu buffering youtube di window lain selesai ... gue pun memutuskan untuk menulis blog lagi.
dilihat dari judulnya udah ketauan kan apa yang mau gue bahas kali ini?

yap benar sekali, gue akan menulis tentang sebuah korean idol group (bisa dibilang boy band, karena toh personilnya berjakun semua) yang bisa dibilang merupakan salah satu idol group paling terkenal di dunia (no kidding) saat ini, baru aja meluncurkan album keempat minggu lalu, dan tentu saja udah bikin gue tergila-gila + kecanduan setengah mati selama sekitar sebulan terakhir ...
SUPER JUNIOR!



banyak banget yang mau gue bahas mengenai mereka, tapi klo semuanya gue tuangkan dalam satu blogpost pasti ga akan muat. oleh karena itu blogpost kali ini gue fokuskan ke perkenalan aja ya. ulasan lebih jauh tentang mereka mungkin akan gue lanjutkan di blogpost lain di kemudian hari :)


okay back to topic.

komentar semua orang, termasuk gue, ketika mengenal super junior untuk pertama kalinya biasanya adalah,
"hah? 13 orang? buset ga kurang banyak tuh?"
yapp group yang memulai debut mereka pada tahun 2005 ini memang beranggotakan 13 orang, yaitu lee-teuk, hee-chul, han-kyung, ye-sung, kang-in, shin-dong, sung-min, eun-hyuk, dong-hae, si-won, ryeo-wook, ki-bum, dan kyu-hyun. awalnya mereka cuma ber-12, tapi di tahun 2006 SM entertainment (perusahaan label rekaman yang menaungi super junior dan banyak idol group korea terkenal lain) menambahkan anggota ke-13 yaitu kyu-hyun. akhirnya super junior pun resmi terbentuk :)

super junior sendiri kemudian dibagi-bagi menjadi beberapa sub-group yang memiliki target pasar berbeda-beda, yaitu:


1. super junior KRY


beranggotakan trio yang emang memiliki suara paling oke di super junior: kyu-hyun, ryeo-wook, dan ye-sung. mereka bertiga difokuskan pada lagu-lagu ballads alias slow dan membutuhkan teknik vokal yang yahud. this is my favourite super junior sub-group :)


2. super junior T

anggotanya berenam: lee-teuk, hee-chul, kang-in, shin-dong, sung-min, dan eun-hyuk. fokus mereka adalah lagu-lagu bergenre trot alias lagu-lagu jadulnya korea dan sejujurnya MV mereka isinya rata-rata ngelawak doang haha.


3. super junior M

nah ini salah satu sub-group yang paling banyak mengundang protes dari para fans, walaupun mereka menuai kesuksesan besar di china dan sekitarnya. kenapa? karena sub-group ini merekrut dua member tambahan dari china, yaitu henry dan zhou-mi. jadi total anggotanya ada tujuh: han-kyung, dong-hae, si-won, ryeo-wook, kyu-hyun, henry dan zhou-mi. mereka dibentuk khusus untuk melayani target pasar china.


4. super junior H

beranggotakan lee-teuk, ye-sung, kang-in, shin-dong, sung-min, dan eun-hyuk. mereka khusus membawakan lagu-lagu yang "happy" alias ceria. MV-nya juga sangat sangat cheerful :)


awal mula ketertarikan gue ma super junior udah gue jelaskan di postingan sebelumnya yang berjudul
infinitely yours. ketika nonton MV itu, selain tertarik ma korea dan kreativitas mereka dalam memasarkan negara mereka, gue juga langsung jatuh cinta pada pandangan pertama ma kyu-hyun, super junior's magnae (anggota termuda)

he's just a year older than me, alias dia lahir di tahun 1988. dikenal sebagai evil magnae karena dia memang "evil" alias ceplas-ceplos dan iseng. dia juga sangat sangat hobi nge-game dan jago matematika. salah satu lead vocalist di super junior karena suaranya emang oh-so-wow banget dan tentu saja salah satu yang terganteng. hahaha klo yang terakhir itu mah agak-agak subjektif. but he's sooo damn cute, isn't he? ♥
haha okay stop it. pembahasan mengenai kyu-hyun selalu bisa merubah seorang arum yang logis dan serius menjadi arum yang ... norak dan lebay hahahaha.

layaknya idol group lain, they do sing and dance. tapi berbeda dari kebanyakan idol group, mereka lebih cocok dikatakan sebagai entertainer. yang membuat gue bener-bener jatuh cinta ma mereka semua bukanlah MV atau performances atau lagu-lagu mereka, tapi justru penampilan mereka di berbagai variety shows. heuh agak bingung gimana mengungkapkannya, tapi somehow mereka terasa lebih dekat. halah tuh kan bingung ngejelasinnya.
okay gampangnya mungkin begini.
ketika nonton MV dan performances mereka, gue jatuh cinta ma betapa bagusnya suara mereka dan betapa kerennya dance moves mereka. tapi ketika nonton tingkah mereka ketika jadi guest star di berbagai variety shows, gue jatuh cinta ma betapa konyolnya mereka, betapa polosnya mereka, betapa bodohnya mereka, betapa anehnya mereka, intinya mengenal mereka lebih dekat. beberapa member seperti hee-chul, kang-in, lee-teuk, shin-dong, dan eun-hyuk bisa dibilang mood-maker. mereka selalu bisa menghidupkan suasana setiap variety shows, nggak jaim, dan selalu bisa bikin suasana jadi heboh.
gue udah beberapa kali nonton variety shows yang mengundang idol group lain, dan somehow gue ngerasa those shows ga seseru ketika super junior yang jadi guest star-nya, entah kenapa :)

anyway dua minggu lalu mereka baru meluncurkan album keempat mereka yang berjudul "bonamana".

haha bagi para pengguna twitter (apalagi yang nge-follow gue) pasti udah familiar ma nama tersebut. yaap selama dua minggu terakhir, bahkan klo ga salah sejak sebelum di-release, bonamana merajai trending topic. menurut beberapa sumber, album bonamana udah terjual lebih dari 100.000 kopi dan pre-order lebih dari 300.000 hanya dalam kurun waktu 8 hari setelah release! edyaaaaan!
bagi yang penasaran, monggo silakan nonton MV-nya :)




dari segi lagu, sejujurnya gue masih lebih suka sorry sorry (single mereka dari album ketiga) tapi dari segi keseluruhan (MV + lagu + penampilan) gue vote for bonamana! daamn now they're so ... hot. hahahahaha janang abis ya bahasa gue?
but seriously, mereka tampak lebih dewasa dan manly di bonamana. dan satu hal yang paling bikin gue happy adalah kyu-hyun jadi salah satu lead dancer di sana! yay! selama ini dia dianggap salah satu dancer yang kemampuannya agak rendah. well he can dance, but not as good as super junior's lead dancer (eun-hyuk, dong-hae, shin-dong) to be honest. great job kyu! :)

haha mungkin sekian dulu blogpost kali ini.
dan ketika gue membaca ulang blogpost ini, gue merasa agak geli sendiri.
well sejujurnya sujukitis membuat gue agak kaget ma diri gue sendiri karena gue seolah berubah menjadi ... emmm bukan-arum?
ah sudahlah, sampai jumpa di blogpost berikutnya :D

6 comments:

fufi said...

penasaran aku sbnernya melihat kehebohanmu ipeh, mb vania, n kirana..

aku tau prtama kali gara2 lagu SEOUL karena suka diputer di tv,, tapi ya iya sih keren, lucu dll aku ga abis pikir kalian begitu tergila2.. haha

now i know. bukannya aku ikut tergila2 ya, yaaa they got some moves! keren si ruum, tapi the fact that i dont understand any single words they sing agak2 mengganggu hahaa.

ya wis jangan sering2 menuh2in timeline twitter dgn persujuan ya, bosen hihi

vania said...

not enough word buat jelasin semua tentang super junior,haha.
but u did it well rumi. smoga yg baca ikut ketularan or at least jadi tau kl ada grup korea yg oke banget.
;p
uri nen super juni-OEYO!

Atrida Hadianti said...

rum, kamu beneran positip kena sujukitis dah...
hehehe...
kamu kena demam korea awalnya karean suju, aku malah awalnya sama ss501.

rumii said...

fufii : hihihi iya kan iya kan? i really love their dance moves on bonamana MV!
emm soal mengurangi penyampahan di timeline aku ga bisa janji yaa hehehe :)

vania : huhu iya nih, aku ga puas nulis super junior cuma segini doang. pas kubaca ulang juga agak-agak terlalu formal tampaknya, aku blom berhasil menjelaskan super junior dengan baik di postingan ini huks.

atrid : hahaha aku kena demam korea mah udah dari SMA 'trid, tapi pas SMA cuma tergila-gila ma drama korea dan pemain-pemainnya aja. pas masuk kuliah sempet vakum gara-gara sibuk, trus mulai tergila-gila lagi pas KKN alias pas boys before flowers tayang di indosiar. dari situ aku juga suka SS501 tapi cuma soundtrack-nya boys before flowers doang, dan itu pun biasa aja. barulah sekarang bener-bener tergila-gila ma super junior :)

Dayang Aprillia said...

super junior fenomenal..iya bener bgt!kyuhyun paling oke...^^

KYUNEE said...

suka Suju jg, hohoho...