Sunday, February 14, 2010

fenomena awal semester di kampus FEB.

ketika hari KRS-an semester 7 bulan agustus 2009 kmaren, gue memasang status di facebook yang menyatakan bahwa di hari itu para warga FEB mengganas, terjadi kekacauan di kampus, dan semua orang berlomba-lomba menghujat akademik. banyak orang non FEB yang berkomentar bahwa gue lebay. oh benarkah?
namanya juga orang non FEB makanya mereka ga akan mengerti. tapi warga FEB pastilah paham.

sebelumnya, bolehlah saya memberi penjelasan.
sekitar seminggu sebelum semester dimulai, ada hari yang disebut hari pengisian KRS. di hari itu, semua mahasiswa FEB mesti menginput mata kuliah apa aja yang mau mereka ambil buat semester yang akan datang dan milih dosen yang akan mengampu mata kuliah tersebut.
masih terdengar wajar?
oke gimana klo ditambah info : jumlah kelas / dosen yang ditawarkan untuk tiap mata kuliah sangat terbatas dan diperebutkan oleh dua sampai tiga angkatan sekaligus. tiap angkatan jumlahnya sekitar 130-150an mahasiswa. blom lagi ada dosen yang terkenal enak dan loyal dalam memberi nilai, ada juga dosen yang terkenal menempati urutan teratas dalam list "mending-jangan-ambil-dia-deh-klo-mau-hidup-sejahtera". moto "posisi menentukan prestasi" sangat berlaku buat kalimat terakhir barusan.
udah mulai kebayang blom tuh gimana brutalnya suasana KRS-an?

take a look at these pictures.



(credits to : m. fauzan azima, joko heratmo, kharis aditya)

itu tadi suasana lorong di depan ruang labkom sebelum dan ketika pintu labkom dibuka. ada yang udah standby dari jam 5 pagi malah. dan begitu pintu labkom dibuka. whoa semuanya langsung berebutan masuk buat nyari komputer dan login di sintesis (situs akademik FEB).
dan kira-kira beginilah suasana di dalam labkom :


(credits to : hariza akbar alam, andytha dwi astuti)

oh ya gue lupa menjelaskan.
bagi yang blom tau, KRS-an kampus gue dilakukan secara online di sintesis. jadi kita tinggal login, pilih menu input rencana studi, centang-centang dosen dan mata kuliah, trus udah deh selesai.
tidak, tentu tidak sesimpel itu.
karena diakses oleh (mungkin) sekitar ribuan orang sekaligus secara bersamaan, sintesis biasanya lemotnya naudzubillah. blom lagi masalah rebutan kelas dan dosen. dalam waktu satu detik, kesempatan itu bisa banget diambil ama orang lain. edyan pisan! >.<

berhubung judulnya online, sebenernya bisa aja kita nggak KRS-an di kampus. tapi dari dulu selalu ada rumor yang beredar bahwa koneksi di luar kampus jauh lebih lemot dibandingkan koneksi dalam kampus. alhasil sebagian besar mahasiswa tumplek-tumplekan di kampus, entah desak-desakan di labkom atau lesehan di berbagai penjuru kampus pake laptop. padahal ya sebenernya lemot atau tidaknya koneksi itu tergantung pada amal dan ibadah masing-masing alias hoki-hokian. cuma klo kita KRS-an di kampus, kita bisa langsung aksi huru-hara ke ruang akademik klo ada masalah dengan KRS kita.
gue sendiri sih tipikal mahasiswa yang terbilang cukup cuek urusan KRS-an, paling-paling baru heboh klo udah kehabisan dosen favorit hahaha. seumur-umur gue kuliah di FEB, gue KRS-an di kampus cuma sekitar 3 atau 4x. sisanya? klo ga di warnet ya di rumah, karena jadwal KRS-an biasanya selalu bentrok ama hari libur which means gue masih di jakarta. KRS-an pertama gue pas semester 2 dulu aja gue lakukan di sebuah warnet di depan mal kelapa gading. aksi bunuh diri banget ga tuh?

nah KRS-an semester ini, akademik FEB memberlakukan kebijakan baru yaitu menjatah jadwal KRS-an jadi empat hari. hari pertama untuk angkatan 06-07 yang NIU ganjil, hari kedua untuk angkatan 06-07 yang NIU genap, hari ketiga untuk angkatan 08-09 yang NIU ganjil, dan hari terakhir untuk angkatan 08-09 yang NIU genap. alhamdulillah sistem baru ini membawa berkah bagi gue, proses KRS-an kmaren adalah yang paling lancar sepanjang sejarah gue kuliah di FEB. cuma lima menit dan abis gitu gue langsung buka facebook ma twitter hahaha. tapi denger-denger sih KRS-an hari ketiga dan keempat tidak selancar hari pertama dan kedua.

kaya'nya segitu doang yang bisa gue ceritain kali ini.
i'm not in the mood of blogging sebetulnya, tapi yaudahlah sekalian update blog aja, mumpung lagi hotspotan di cafe :P
happy valimlek day anyway.

5 comments:

Fu! said...

hahaa untung kta udah ga heboh2 lg yaa rumi krs an nya! taun lalu ampe ada yg pingsan loh,

SuperQueen said...

ya olloh itu krs-an mb arum?

rumii said...

fufii : astagaa aku lupa nulis! pantesan kaya'nya ada yang kurang. aku udah niat mau cerita tapi kelupaan!
yap yap tahun lalu sempet ada yg pingsan di labkom saking berdesak-desakan nyaa! how bad is that huh? wahai akademik, teruslah membuat perubahan yg berarti dalam hidup kami di FEB.

rani : yes darling, itulah suasana KRS-an anak reguler huhuhu beruntunglah kalian anak IUP tak perlu mengalaminyaa :(

Unknown said...

eh ada aku,,
aku pernah ngepost ttg krs juga deh..
http://osanblue.blogspot.com/2009/08/well-di-tengah2-kkn-yang-menasbihkan.html
hahaha..

fikri said...

itu serius separah itu?

ahahahaha. dasar kampus laknat.